Just another WordPress site

Warna Kontras Yang Menawan Dengan Teknik Siluet

SHARE
, / 2943 0

Mungkin anda sering mendengar jenis karya seni rupa yang satu ini. Mayoritas orang di Indonesia secara umum mungkin mengetahui seni ini dari berbagai acara Talkshow di televisi Indonesia. Siluet atau silhouette dalam bahasa Inggris, sebenarnya adalah sebuah teknik yang berasal dari seni fotografi. Di mana ketika objek utama berada di antara lensa dan sumber cahaya yang sangat terang, akan menghasilkan objek utama menjadi berwarna gelap. Teknik inilah yang kemudian menjadi sebuah hasil karya buatan tangan yang sederhana namun memiliki nilai keindahan yang banyak orang menyukainya. Seni siluet itu sendiri berkembang di Eropa pada abad ke-17. Pada masa itu seorang seniman siluet akan disewa untuk menghadiri sebuah acara mewah para bangsawan. Seniman itu akan diminta untuk mengabadikan penampilan para bangsawan dengan pakaiannya yang mewah dan wig yang mahal harganya.

Dalam seni gambar, siluet dapat dibuat dengan berbagai cara. Misalnya dengan menggambar langsung pada kertas dan diberi warna hitam, atau dengan menggunakan kertas kartu tipis berwarna hitam yang dipotong sedemikian rupa membentuk objek yang diinginkan, bisa juga dengan menggunakan desain grafis secara digital dan kemudian dicetak pada kertas tertentu. Pada dasarnya objek siluet adalah wajah tampak samping. Sehingga objek siluet yang dihasilkan akan sederhana dalam proses pembuatannya dengan hasil yang jelas. Seiring berkembangnya jaman, siluet dapat digunakan untuk mengilustrasikan suatu peristiwa atau kejadian. Dan hingga saat ini para seniman dapat membuat ilustrasi apa saja sebagai objek siluet.

Gambar Siluet

Biasanya seorang seniman siluet adalah seniman dengan dasar pelukis wajah. Cara pembuatan siluet sederhana adalah dengan memotong kertas kartu tipis berwarna hitam membentuk objek yang ingin diilustrasikan. Setelah hasil ilustrasi sudah selesai dibuat, objek tersebut akan ditempelkan pada lembaran kertas dengan warna putih. Pemillihan kontras warna hitam sebagai objek dan warna putih sebagai latar bertujuan untuk mempertegas batas antara objek dengan latarnya. Sehingga objek utama dalam ilustrasi ini dapat dipahami dengan jelas. Penggunaan warna sebagai latar dapat memakai warna selain putih. Selama hasil yang ditunjukkan atas bentuk ilustrasi dapat terlihat garis batasnya. Seorang seniman siluet tradisional dapat membuat sebuah objek siluet hanya dalam beberapa menit bermodalkan gunting dan kartu hitam tersebut. Dalam perkembangannya, siluet kini dapat dibuat dengan menggunakan bantuan software grafis sehingga objek ilustrasi memiliki tingkat detail yang lebih tinggi dibanding menggunakan tangan saja. Objek yang dihasilkan pun bisa bermacam-macam.

Tidak hanya terbatas pada foto potret wajah tampak samping. Bahkan potret wajah tampak depan pun dapat dibuat ilustrasinya menjadi sebuah siluet dengan mudah. Untuk memiliki sebuah gambar siluet, saat ini anda dapat dengan mudah menemukan penyedia jasa pembuatan siluet yang cukup murah. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat pusat pembuatan karya seni rupa grafis atau dengan mencari di media online. Atau jika anda mungkin berniat untuk membuat sendiri, anda dapat mempelajarinya dengan mudah. Anda dapat membeli buku tutorial membuat siluet di toko buku terdekat. Anda pun dapat dengan mudah mencari tutorial pembuatannya melulai media daring baik secara tertulis atau pun berupa video.

Itulah tadi beberapa informasi yang telah diulas pada artikel kali ini. Jika anda berniat untuk mempelajari cara membuatnya, mungkin anda dapat menguasai teknik pembuatan seni grafis ini dalam waktu yang singkat karena proses pembuatannya yang cukup mudah. Demikian informasi ini dibuat untuk menambah wawasan anda tentang seni grafis siluet. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!