Just another WordPress site

Tari Tarek Pukat, Berasal Dari Aceh, Tarian Ini Akan Membuat Anda Tercengang

SHARE
, / 1576 0

Anda mungkin tidak tahu tentang tarian asal Aceh ini. Tari Tarek Pukat adalah sebuah tarian yang berasal dari daerah NAD yang biasanya dibawakan oleh beberapa penari wanita dengan menggunakan tali sebagai atribut tariannya. Tarian yang sering ditampilkan dalam berbagai acara adat dan upacara kebudayaan ini menceritakan tentang aktivitas nelayan Aceh saat sedang menarik jala untuk menangkap ikan di laut. Tarek yang berarti menarik dan pukat yang berarti jala atau jaring merupakan latar belakang nama tarian ini di mana gerakan tari yang disajikan juga seperti sedang menarik jala ketika menangkap ikan. Tarian ini merefleksikan tentang kegiatan bergotong royong dalam kegiatan menangkap ikan mulai dari melepas jala dan menariknya kembali.

Kemudian hasil tangkapan ikan atas kerja gotong royong tersebut akan dibagikan kepada seluruh warga yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Tari Tarek Pukat ini selain digunakan sebagai seni untuk sebuah pertunjukan juga digunakan sebagai bentuk apresiasi masyarakat kepada penduduk Aceh terutama yang hidup di pesisir pantai dengan mata pencaharian sebagai nelayan. Tarian ini mempunyai makna sebagai gambaran semangat kebersamaan dan jiwa gortong royong masyarakat pesisir. Ini adalah salah satu dari sekian banyak contoh bagaimana masyarakat Aceh menjunjung tinggi nilai-nilai seni dan kebudayaan asli milik sendiri, dan mereka berusaha terus mempertahankan keutuhan kebudayaan tersebut agar tidak mati dimakan jaman. Adat ini memang sudah diturunkan dari generasi ke generasi demi kelestarian kebudayaan di Indonesia.

ditampilkan oleh 7 orang wanita

Tari Tarek Pukat biasanya ditampilkan oleh 7 orang wanita penari atau lebih. Dengan menggunakan pakaian adat tradisional yang menawan dilengkapi berbagai atribut dan riasan yang elok membuat para penari terlihat semakin cantik dan piawai membawakan Tari Tarek Pukat di atas panggung. Dengan diiringi musik pengiring profesional yang sudah mahir membawakan musik pengiring tarian ini menambah kesan ramai pada saat pertunjukan. Koreografi dan aransemen musik yang kompak juga menjadi nilai tambah akan keunikan tarian ini. Diawali dengan tarian dengan posisi duduk sambil menepuk dada dan paha, para menari muli mempersiapkan diri dengan kejutan yang akan ditampilkan.

Setelah beberapa saat para penari akan mengeluarkan tali yang sudah disiapkan kemudian pada saat bersamaan akan mulai mengikatkan tali satu sama lain dengan penari di sebelahnya. Variasi tempo yang berubah-ubah juga menjadi bagian yang menarik dan menegangkan. Menjelang akhir tarian, tempo gerakan mengaitkan tali ini menjadi semakin cepat dan kemudian diakhiri dengan menampilkan hasil rajutan para penari yaitu berupa sebuah anyaman tali menyerupai sebuah jala. Tarian ini memang dikenal sangat unik dan menarik untuk dipelajari. Bahkan sudah banyak masyarakat di Indonesia yang mengadopsi tarian dari Aceh ini untuk dipertunjukkan pada sebuah acara tertentu. Di setiap akhir penampilan tarian ini, para penonton pasti akan mengapresiasi dengan tepuk tangan yang sangat meriah lantaran memang sangat bagus dan mengesankan. Mungkin anda masih belum terbayang seperti apa tarian ini sesungguhya. Jika anda ingin tahu seperti apa tarian ini, anda dapat mencari video rekaman tarian ini di media penyedia jasa video di internet.

Itulah beberapa informasi mengenai tari Tarek Pukat yang berasal dari Nangroe Aceh Darussalam. Jika anda berminat untuk mempelajarinya, anda dapat mengikuti sanggar tari yang mempelajari tentang tari-tari tradisional asli Indonesia. Atau anda juga dapat belajar dari video yang dapat anda temukan di internet. Demikian informasi ini situjukan untuk menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!