Just another WordPress site

Seni membuat Perhiasan dari Kawat

SHARE
, / 1050 0

Dunia seni menawarkan keindahan dan keunikan di dalamnya. Ada berbagai macam terapan seni yang dapat digunakan untuk menciptakan sebuah karya yang cantik dan menarik, salah satunya lewat seni membuat perhiasan dari kawat. Mengenakan perhiasan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat penampilan lebih menarik. Apalagi jika perhiasan yang dikenakan unik dan lain daripada yang lain.

Bahan yang diperlukan

Perhiasan dari kawat ini memang unik dan memiliki desain yang apik. Tak heran jika banyak orang jatuh cinta dengan perhiasan buatan tangan ini. Seni membuat perhiasan dari kawat dapat dikategorikan sebagai karya seni tangan/ handmade karena murni dikerjakan secara manual dengan tangan. Bahan utama yang diperlukan untuk membuat perhiasan dari kawat ini adalah kawat dan batu- batuan alam. Kawat yang digunakan bisa dipilih dari kawat tembaga, kawat artistic, kawat emas, kawat perak, kawat nikel dan kawat dinamo.

Untuk penambahan kesan mewah pada perhiasan, pemasangan batu-batuan alam, mutiara, kristal maupun akrilik mutlak diperlukan. Pengrajin perhiasan dapat menyesuaikan pemilihan batuan sesuai dengan keinginan.

Peralatan yang digunakan
Peralatan yang diperlukan untuk pembuatan seni perhiasan kawat antara lain:
– Tang berujung lancip dan bulat ( round nose plier)
– Tang tekuk ( chain nose plier)
– Tang ujung datar (flat nose plier)
– Tang potong ( cutter)
– Tongkat kayu ( mandrel)

Ini adalah beberapa peralatan dasar yang dibutuhkan dalam proses pembuatan perhiasan dari kawat. Peralatan ini bisa dibeli di toko bahan aksesoris ataupun melalui toko bahan aksesoris online.

Cara Pembuatan

Adapun cara pembuatan perhiasan dari kawat ini dibagi menjadi beberapa langkah. Langkah yang pertama adalah menganyam kawat menjadi anyaman sebagai rangka utama dari jenis perhiasan yang diinginkan. Anyaman dasar dapat menggunakan satu ataupun lima kawat sesuai keinginan. Langkah selanjutnya adalah menggabungkan anyaman dasar dengan desain yang ada.

Gunakan tongkat kayu dan tang untuk membantu dalam penggabungan kawat dengan batuan yang dipilih. Pemasangan manik ataupun batuan menjadi langkah lanjutan dalam pembuatan seni perhiasan kawat ini. Carilah panduan secara lengkap yang diesrtai dengan gambar yang dapat membantu memudahkan proses pembuatan perhiasan dari kawat ini. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik menganyam, melilit kawat ( wirework) ,melapis ( coiling) dan menjaring ( netting).

Idealnya para pengrajin memilki desain dan ide sendiri yang tidak bisa disamakan satu sama lain. Itulah salah satu keunggulan dari perhisasan kawat. Desain yang unik dan tiada duanya menjadi ciri kahas utama perhiasan ini. Seni membuat perhiasan dari kawat menghadirkan karya seni yang luar biasa dan bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!