Just another WordPress site

, / 578 0

Merangsang Kreativitas Anak

SHARE

Usia kanak-kanak merupakan usia emas dimana pertumbuhan dan perkembangannya sedang sangat progresif. Kemampuan kognitif, afektif dan psiomotorik yang baik dapat ditentukan dari bagaimana anda selaku orang tua mendidik mereka di usia kanak-kanak ini. Salah satu aspek penting yang harus benar-benar diperhatikan dalam tahap tumbuh kembang anak yakni aspek kreativitasnya, karena kreativitas merupakan kemampuan dasar yang dimiliki seorang manusia dalam menjalani hidupnya. Dengan memiliki daya kreativitas yang baik maka aspek lain seperti kognitif pun akan baik pula. Untuk itulah perlu dilakukan upaya-upaya yang dapat merangsang kreativitas anak anda agar cepat berkembang.

Beberapa upaya di bawah ini dapat anda gunakan untuk merangsang perkembangan daya kreativitas pada anak, yaitu sebagai berikut:

Biarkan anak eksplorasi

Banyak orang tua yang terlalu over protective terhadap anak-anaknya yang berakibat lambatnya perkembangan kreativitas anak. Hal ini disebabkan karena pengembangan daya kreativitas ini menuntut anak untuk bebas bereksplorasi baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungannya. Kurangi larangan-larangan anda kepada anak kecuali untuk hal-hal yang memang harus dilarang agar anda mendapatkan pengalaman yang berharga dari eksplorasi tersebut.

Ajak anak anda berimajinasi

Mengajak anak untuk berimajinasi merupakan hal yang baik apalagi dunia anak-anak memang penuh dengan imajinasi. Biarkan mereka berimajinasi sesuai keinginan mereka atau bila anda mampu arahkan imajinasi itu kepada imajinasi-imajinasi yang baik. Dengan berimajinasi maka otak anak terbiasa untuk mencari hal-hal baru yang sangat erat hubungannya dengan daya kreativitas dalam dirinya.

Ajak anak berpikir kritis

Tips ketiga ini harus anda lakukan dengan bijak karena dalam mengajak anak anda berfikir kritis haruslah diperhatikan usia anak anda, kemampuan berpikir anak anda serta konteks berpikir kritis yang anda gunakan. Jangan sampai anda justru mengajak anak anda berpikir sesuatu yang sangat ambigu sehingga anak anda menjadi bingung dengan mana yang benar dan mana yang salah.

Dalam rangka mengembangkan daya kreativitas dalam diri anak anda ada baiknya anda libatkan seorang ahli dalam bidang tersebut yakni misalnya psikolog anak maupun tenaga konseling. Dengan begitu maka langkah-langkah yang anda ambil akan tepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!