Just another WordPress site

Inilah Contoh Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Bernilai Tinggi

SHARE
, / 34 0

Inilah Contoh Kerajinan Dari Barang Bekas Yang Bernilai Tinggi – Kerajinan tangan termasuk seni menciptakan barang unik pakai teknik tertentu. Bahan yang dijadikan kerajinan bisa bersifat baru atau bekas. Tetapi sebagai upaya penghematan biaya, jauh lebih baik menggunakan barang bekas. Pemanfaatan bahan tersebut turut menciptakan lingkungan hijau bebas barang bekas yang sulit terurai. Contohnya saja kardus, botol, kain dan lainnya. Memanfaatkan barang tersebut sebagai sebuah kerajinan dibutuhkan kreativitas. Sehingga barang bekas menjadi sesuatu yang lebih berdaya guna.

Bagi pembaca yang memiliki buah hati. Mengajak serta mereka untuk berkreasi dengan barang bekas termasuk hal positif. Daya imajinasi serta kreativitas meningkat. Sang anak merasa bangga bisa menghasilkan suatu karya unik. Tak hanya itu anak jauh lebih menghargai apa yang telah dia buat. Berikut ini contoh kerajinan tangan yang bisa dipraktekkan dengan anak.

1. Mainan Mobil-Mobilan Dari Botol Bekas
Bagi Anda yang memiliki jagoan cilik. Daripada membeli mobil-mobilan dengan harga tertentu. Ada baiknya untuk berkreasi bersama mereka pakai botol bekas. Desain bisa dibuat semenarik mungkin dengan mengkombinasikan warna yang memukau. Bahan yang dipakai antara lain: botol bekas minuman atau minyak, tusuk sate, pisau cutter, tali, sandal bekas, cat dan kuas.

Setelah bahan terkumpul semua, kini saatnya mulai mendesain bentuk mobil. Buatlah dua lubang pada sisi kanan dan kiri botol. Fungsi dari lubang tersebut nantinya sebagai roda. Bagian as bisa pakai tusuk sate. Nah, roda mobil dapat dipakai dari bahan tutup botol atau sandal bekas. Kalau pakai sandal hanya perlu dipotong melingkar saja. Setelah selesai silahkan dihias sesuai selera untuk seluruh bagian mobil. Jangan lupa tambahkan tali rafia yang difungsikan untuk menarik mobil.

2. Jam Dinding Dari Koran Bekas
Jika kalian punya hobi membaca koran. Setiap hari pasti berlangganan koran. Tak terasa banyak sekali yang menumpuk. Daripada hanya berakhir sebagai rongsokan saja. Dapat dipakai sebagai bahan bermanfaat. Contohnya saja jam dinding. Cara mengkreasikan mudah sekali. Ambil beberapa koran bekas lalu digulung dengan ukuran yang berbeda-beda. Jangan lupa sertakan lem supaya gulungan tersebut mudah dibentuk.

Mesin jam dinding bisa Anda gunakan yang bekas atau baru. Cukup ambil mesinnya saja, tetapi bagian permukaan dihiasi oleh gulungan kertas. Saat menghias dengan koran bekas, usahakan sisi tengahnya tidak terlalu tebal. Supaya jarum jam mampu berputar secara sempurna. Dengan kata lain jarum tidak sampai nyangkut pada koran.

3. Lampu Belajar Dari Kardus
Tanpa Anda sadari banyak sekali ditemukan kardus yang menumpuk di rumah. Entah itu bekas kemasan makanan, minuman atau paket. Kalau sudah diambil isinya, kardus akan berakhir di tempat sampah, gudang, dilipat begitu saja. Daripada tidak ada manfaatnya. Lebih baik jadikan lampu belajar saja.

Caranya mudah bentuk kardus dengan memakai pola tertentu yang digambar di atas kardus. Lalu gunting mengikuti pola secara rapi. Rangkai pola yang telah digunting menggunakan lem sampai membentuk lampu belajar bentuk duduk. Sedangkan bagian lampu, Anda bisa pakai berbagai jenis yang ukurannya kecil. Contohnya saja lampu senter, LED, atau lampu dari alat elektronik yang tak terpakai tapi masih dapat difungsikan.

Itulah beberapa contoh kerajinan dari barang yang sudah tidak difungsikan lagi. Selain dipakai untuk sarana bermain anak. Anda juga dapat menyulapnya menjadi barang berfungsi tinggi. Bahkan interior ruang menjadi tampak cantik dan unik. Berpeluang untuk memberikan inspirasi bagi siapa saja yang berkunjung. Tak menutup kemungkinan peluang usaha dapat terbentuk karena hal tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!